BATU (3)


Sekelebatan murid MAN 2 DELI SERDANG berjalan porak-poranda melewatiku. Pandanganku hanya tertuju pada satu orang, Saddam. Dia memarkirkan sepeda motornya, lalu meletakkan helm pada spionnya. Berjalan menujuku, matanya sempat melihat mataku. Pandangan kami sempat menyatu, namun sesaat. Dia melewatiku tanpa menoleh, pun tidak menyapa. Hatiku nyut-nyutan, rasanya ingin marah, aku geram, ingin berontak. Tapi apakah dia menganggapku? Aku pun memutuskan untuk mengejarnya.
          “Hei!” sapaku.
          Dia masih saja tetap berjalan, aku memanggilnya, namun diacuhkan. Tambah nyut rasanya hati ini. Padahal aku sudah memanggilnya tiga kali dengan sapaan yang sama.
          “Tolong berhenti di sana, sejenak saja,” pintaku.
           Dia berhenti berjalan, namun tetap tidak menoleh. Aku pun berjalan menghampirinya.
           “Tolong jangan mendekatiku!”
           “Kenapa? Kamu kenapa?,” tanyaku pada Saddam.
           “Bukan urusanmu.”
           Aku kaget, tak menyangka dengan perkataannya. Bukan urusanku? Lalu mengapa dia memberiku surat kemarin? Apa maksud surat itu? Dia ingin mempermainkanku seperti perempuan lain? Aku sangat jengkel.
           Pelajaran pun di mulai, setelah bel berbunyi. Guru pada mata pelajaran pertama pun datang, kelas di mulai. Namun, pikiranku melayang, aku tidak mendengarkan guru itu berbicara menjelaskan materi yang dibawanya. Hal itu berlanjut pada mata pelajaran kedua. Tak lama kemudian bel berbunyi menandakan waktu istirahat telah tiba.
           Aku masih tidak tenang, aku pun menghampiri Saddam di kelasnya. Aku melihat Saddam bergulat dengan temannya, aku tak mengenal temannya itu.
           “Maksud Lo nyuruh gue ngasih surat cinta sama Sazya apa? Hah? Lo mau buat dia suka sama gue? Gue ngga akan berhenti sampe Lo mau jawab!” bentak Saddam.
           “Tenang, tenang. Tenang, Bro! Gue cuma di suruh.”
           “Siapa yang nyuruh Lo?”
           “Gue gabisa bilang, Bro!”
           “Oke. Gue akan masukkan Lo ke neraka.”
           “Jangan! Yang nyuruh gue, yang nyuruh. Dia teman sekelas Sazya, Tsira.”
           “Pelacur itu? Bedebah!” muka Saddam memerah.
           “Lo bilang mantan Lo pelacur? Hahaha. Jadi lo apa? Lelaki mata keranjang? Lagian kenapa sih kalo Sazya suka sama Lo?”
           “Bagus cakap Lo, Boy! Jaga mulutlah! Kemaren itu gue khilaf. Gue merasa dosa besar bisa pacaran sama dia. Masalah Sazya, gue lebih suka mengejar daripada di kejar. Dan Sazya, dia terlalu dingin, bukan tipe gue, Bro!”
            Napasku berhembus. Dadaku sesak, menggebu-gebu. Mungkin jika kau melihat wajahku sekarang, kau akan merasakan hawa panasnya. Aku memaki diriku sendiri dalam hati, mengapa aku sebodoh ini? Mengapa ku jatuhkan hatiku dengan mudah pada seorang pemuda yang tidak bertanggung jawab? Apakah saat ini, ALLAH masih berlaku adil padaku?
            Aku kembali ke kelas dengan langkah yang ku percepat. Tak sadar, air mataku menetes. Aku menghapusnya spontan, tak layak aku menangisi Saddam. Aku pun terduduk di bangkuku, bersamaan bunyinya bel. Menandakan waktu pelajaran ketiga di mulai, pelajaran psikologi.
            “Tahukah kalian, anak-anakku? Mengapa setiap orang memiliki rasa cinta kepada orang lain?”
            Aku mengangkat tangan, lalu angkat bicara.
            “Agar setiap orang mampu menyakiti perasaan orang lain, setelah orang lain mencintai kita.”
            “Kelihatannya kamu sedang memiliki masalah anakku, ada apa Sayang?”
            “Saat ini, hatiku sedang tidak enak, Bu. Seseorang menyakitinya.”
            “Apa yang dilakukannya padamu? Lantas apa yang kau lakukan setelah itu?” 
            “Dia menusukkan seribu jarum-jarum kecil di hatiku, Bu. Aku hanya bisa menangis.”
            Tangisku kembali mengucur, kali ini sangat deras. Ibu Felia memelukku erat, dia tau saat-saat dimana muridnya sedang bersedih dan memerlukan pelukan hangat seorang Ibu.
            Waktu berlalu dengan lincah, bel berbunyi menandakan waktu pulang. Murid-murid dipersilakan pulang ke rumah. Aku orang terakhir pulang, tugasku belum selesai, menggambar sesuatu yang berada di pikiranku sekarang. Untuk apalagi, selain untuk dideteksi? Hahaha memangnya virus?
             Suara hentakan sepatu terdengar jelas saat gambarku hampir selesai. Aku terdiam. Suaranya semakin jelas, bayangannya pun terbias di lantai.
             “Kenapa Lo belum pulang?”
             Kau tau itu siapa? Tebaklah. Ya, kau benar. Dia Saddam. Aku deg-degan, antara menyukai, ntah membenci. Namun yang jelas, aku masih merasa geram itu masih menetap di dadaku. Aku tidak kuat melihat matanya yang memandangku.
             “Mendadak bisu?” tanyanya.
             “Mau ngapain ke sini?”
             “Ngeliat Lo.”
              Aku malu. Mukaku pasti memerah.
              “Maksudnya, gue mau memastikan Lo udah pulang atau belum. Eh ternyata belum. Yaudah, pulang bareng yuk?” ajaknya padaku.
              “Tapi kamu bilang kamu ngga suka sama aku.”
              “Kapan? Oh Lo liat gue berantem sama teman gue? Maafin gue ya. Ngga bermaksud kok.”
              Dia kenapa jadi lembut lagi? Ada apa sih dengannya? Apakah dia punya sifat ganda? Ganti musim, ganti sifat?
              “Lebih baik kamu pergi dari hadapan saya. Kamu tau rasanya ketika mencium mawar, lalu tertusuk durinya?”
              “Lo suka sama gue?”
              “Saya ngga kenal kamu yang sekarang sama kamu yang di kelas tadi. Saya cuma kenal kamu saat membuat saya berhenti menangis kemarin.”

Bolehkah aku jujur pada semua orang?
Atas apa perlakuannya padaku
Kau pasti tak kan percaya perihal ini
Ku tegaskan sekali lagi padamu
Jangan katakan padanya
Rasa ini masih sama seperti kemarin

Komentar

Postingan populer dari blog ini

BIOLOGI